Tanah Putra Bumi Turang

Tanah Karo seribu cerita dan Seribu eksotika

Beberapa Keunikan Kita Kalak Karo

1. Bertani Sebagian besar orang Karo adalah petani alamiah. Hasil pertanian Taneh Karo mengisi kebutuhan sayuran dan buah Masyarakat Sumatera Utara, Pulau Sumatera, Jakarta, Bandung bahkan Malaysia dan Singapura. Beberapa produk terkenal dari Taneh Karo adalah: Jeruk Brastagi/Medan, Markisah Brastagi, Biwa Karo, Kopi Karo, Pisang Barangan Medan dan lain-lain.

2. Kedai kopi Kedai Kopi merupakan ‘rumah diskusi’ bagi orang Karo. Di kedai kopi biasanya diadakan tukar informasi mengenai perkembangan, khususnya pertanian, politik dan pendidikan.

3. Catur Karo

Setiap Kedai Kopi Karo pasti ada meja catur. Selain catur internasional dikenal juga Catur Karo (Sator Karo). Beberapa varian Catur Karo:
1. Dua Menteri vs 3 Benteng + 3 pion
2. Meja penuh
3. ‘Perang Kuno’, disini ada kuda yang biasanya ditandai dengan ikat, kuda ini sama
sekali tidak boleh dimakan dan dinamai dengan ‘kuda keramat’.
Banyak pecatur tangguh Indonesia dari Karo, diantaranya: Merlep Purba, Monang Sinulingga, MN, GM Cerdas Barus, MI Nasib Ginting, Maksum Firdaus, MF, Tuti Rahayu Sinuhaji, MFW, Masa Sitepu, MN dll.
4.Bernyanyi Orang Karo termasuk suka bernyanyi dan biasanya diiringi dengan kulcapi (alat music tradisional Karo) atau dengan gitar. Pabrik gitar terbesar di Asia Tenggara pernah ada di Brastagi
5. Kerja Tahun Ini adalah pesta yang diadakan tiap-tiap tahun. Ini adalah bentuksilaturahmi antara Keluarga Karo yang berjauhan tempat tinggal. Merdang Merdem ini diadakan selama tujuh hari. Menu utama disini adalah daging sapi, salah satunya adalah trites (pagit-pagit). Setiap pesta Merdang Merdem diiringi dengan acara perkolong-kolong yaitu tarian yang dipimpin oleh perkolong-kolong laki-laki dan perkolong-kolong perempuan.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: